Company profile

 

 

 

 

 

 

 


YBUL PROFILE

Yayasan Bina Usaha Lingkungan (YBUL) Adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1993, di Jakarta, bekerja untuk memberikan solusi bisnis dalam mengatasi tantangan lingkungan dan sosial-ekonomi melalui percepatan peran sektor swasta dan masyarakat.

YBUL bekerja di seluruh Indonesia dalam mempromosikan pembangunan berkelanjutan, mengadvokasi penggunaan energi terbarukan serta membantu usaha kecil dan menengah dan menghubungkan mereka dengan teknologi, pasar, dan akses keuangan. 

Untuk memastikan tercapainya misinya, YBUL berupaya untuk menghubungkan dan mengarusutamakan program dan kegiatannya dengan inisiatif yang ada yang sudah dilakukan oleh berbagai pihak seperti Pemerintah, lembaga keuangan, swasta, LSM dan masyarakat sekitar. 

Pada tahun-tahun awalnya, YBUL bekerja sama dengan Environmental Enterprises Assistance Fund (EEAF), sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Arlington, AS untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ramah lingkungan di bawah enam sektor sasaran, yaitu kehutanan berkelanjutan, pertanian berkelanjutan, pengelolaan dan minimalisasi limbah, energi terbarukan dan efisiensi energi serta ekowisata. Program tersebut berhasil mengidentifikasi dan memberikan pembiayaan untuk 7 (tujuh) badan usaha dengan jumlah total dana investasi sekitar USD 850.000.

Dari 1995 hingga 2004, YBUL menjalin kemitraan dengan Winrock International, AS untuk melaksanakan program yang didedikasikan untuk mempromosikan pemanfaatan energi terbarukan.


Sejak tahun 1996 hingga saat ini, YBUL dipercaya menjadi tuan rumah fasilitas pendanaan global UNDP bernama Global Environment Facility Small Grants Program (GEF / SGP) yang bertujuan untuk mendukung pencapaian tujuan yang ditetapkan oleh Global Conventions to Sustainable Development, Convention on Biodiversity and Convention Perubahan Iklim melalui kegiatan masyarakat lokal di lapangan. Sejak 1993 hingga sekarang, GEF / SGP telah menyalurkan lebih dari USD 4 juta kepada lebih dari 400 inisiatif lokal, untuk mendukung kegiatan berbasis masyarakat di bidang konservasi keanekaragaman hayati dan mitigasi perubahan iklim terutama dalam pengembangan proyek energi terbarukan pedesaan di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2005, YBUL bekerjasama dengan World Resource Institute (WRI) mendirikan New Venture Indonesia (NVI), sebuah program global yang telah dilaksanakan di beberapa negara antara lain Brazil, Mexico, India dan China. NVI mengidentifikasi dan menilai usaha kecil dan menengah (UKM) yang berwawasan lingkungan dan bertanggung jawab secara sosial, mencari calon investor dan menghubungkan UKM berkelanjutan yang didukung dengan bank dan pemodal, membantu dalam mengembangkan rencana bisnis dan mengembangkan kemitraan dengan berbagai lembaga untuk mendukung pelaksanaan program.

YBUL telah bekerja sama dengan European Partners for the Environment, Belgia, bekerja di bawah proyek yang didukung oleh EU Asia Invest untuk melakukan studi dan penilaian atas mekanisme keuangan yang ada untuk tujuan pengentasan kemiskinan. Dalam melaksanakan program ini, YBUL mengupayakan kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak seperti penyandang dana dan donor, pihak swasta melalui Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, LSM, dan lembaga Pemerintah dan Badan Rekonstruksi Nias, untuk melakukan studi kelayakan dan program pengembangan masyarakat untuk mendukung pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro untuk melistriki daerah pedesaan di 5 kecamatan di Aceh.

Pada tahun 2016 ini YBUL dipercaya menjadi tuan rumah Environment Defense Fund (EDF) USA yang bertujuan untuk mendukung industri kelautan dan perikanan di Indonesia. Nama organisasi:

Yayasan Bina Usaha LIingkungan (YBUL) Alamat Bisnis: Jl. Bacang II No.8 RT05 / RW01, Kel. Kramat Pela, Kec. Gandaria Jakarta Selatan 12130, Indonesia Telepon: + 62-21-720-6125 Faks: + 62-21-726-6341

PENGALAMAN DAN KUALIFIKASI

Setelah lebih dari 23 tahun pengalaman, YBUL telah berhasil mengembangkan berbagai keahlian baik melalui In-house training maupun Associates di bidang promosi teknologi, peningkatan kapasitas, akses dukungan keuangan, pengembangan masyarakat, pengembangan bisnis, kebijakan. analisis, kemitraan dan pengembangan jaringan dan pendidikan publik. Melalui pendekatan terintegrasi, YBUL dikenal sebagai pemimpin di bidang pengembangan pedesaan / energi terbarukan.

Berikut adalah bidang keahlian YBUL:

1.Pengelolaan Dana Hibah

2.Pengembangan Energi Terbarukan (RE)

3.Pengembangan Energi Pedesaan (RED)

4.Mekanisme Pembangunan Bersih (CDM)

5.Pertanian & Kehutanan Berkelanjutan

6.Ekowisata

7.CSR (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan)

8.Air Bersih dan Sanitasi

Layanan YBUL:

Pengelolaan Dana Hibah
*Untu meningkatkan kesadaran organisasiberbasismasyarakat tentang dampak perubahan iklim dan ancaman keanekaragaman hayati. Selain mitigasi GRK, YBUL-GEF / SGP jugaaktifmendorong mendorong program adaptasi.
*Meninjau, mengevaluasi dan memilih proposal proyek berbasis masyarakat yang masuk di daerah dari punggung bukit hingga terumbu termasuk konservasi hutan & perlindungan pantai, konservasi DAS, rehabilitasi lahan kritis, konservasi keanekaragaman hayati, pencegahan penangkapan ikan yang merusak, mempromosikan sistem pertanian organik.
*Atur kontrak dan pencairan dana untuk penerima hibah.
*Memantau, mengawasi dan mengevaluasi proyek penerima hibah yang didukung                       

*Jaringan dan penggalangan dana untuk meningkatkan dan / atau mereplikasi proyek potensial untuk memastikan keberlanjutan dan dampak yang lebih besar.
*Kampanye media dan program penjangkauan untuk menyebarkan praktik terbaik dan pembelajaran dari proyek penerima hibah yang didukung.
*Atur dan fasilitasi pertemuan multi pemangku kepentingan yang efektif.
*Pengembangan kapasitas penerima hibah di bidang perencanaan strategis, admin dan manajemen keuangan, manajemen proyek.

Pengembangan Energi Terbarukan (RE)
*Asisten Teknis (TA)
*Advokasi Kebijakan
*Melakukan Studi Kelayakan & Review bankabilitas proyek ET

Pengembangan Energi Pedesaan (RED)
*Asisten Teknis (TA) dalam pengembangan ET berbasis masyarakat seperti mikrohidro, biogassa skala kecil dan pemanfaatan biomassa.
*Pelatihan pemanfaatan dan pemeliharaan PLTS untuk daerah terpencil.
*Community Development (Comdev), terutama dalam kegiatan produktif yang dimanfaatkan serta menghasilkan pendapatan oleh pemberdayaan perempuan untuk menjamin keberlanjutan proyek ET dan mempromosikan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.
*Fasilitator Pembiayaan, di bidang usaha kecil di pedesaan dan bekerja sama dengan lembaga pembiayaan mikro setempat.

Mekanisme Pembangunan Bersih (CDM)
*Peningkatan Kapasitas, menyelenggarakan lokakarya pelatihan untuk calon pengembang proyek CDM di bidang Energi Terbarukan, Efisiensi Energi, bisnis kehutanan berkelanjutan.
*Pengembangan PIN dan PDD, menyediakan layanan untuk mengembangkan dokumen PIN & PDD untuk mitra.
*Fasilitator pengembang proyek pembeli CER, bertindak sebagai penghubung bagi pembeli dan penjual karbon.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)
*Mengelola program CSR beberapa mitra perusahaan, melalui promosi kewirausahaan sosial.
*Memberikan panduan untuk program yang direncanakan secara strategis untuk dampak jangka panjang; misalnya pembayaran jasa lingkungan, pendekatan terpadu antara konservasi dan pemanfaatan sumber daya alam, pengelolaan ET berkelanjutan, peningkatan mata pencaharian, kesehatan masyarakat, partisipasi gender, dan terakhir namun tidak kalah pentingnya untuk meningkatkan pembangunan jangka panjang pemerintah daerah